News Update :

Minyak Ikan ??

Minggu, 16 September 2012



Banyak orang tua memberikan minyak ikan untuk anak-anak atau untuk mereka sendiri. Mereka berharap prestasi otak semakin cemerlang. Tapi sejumlah peneliti asal Inggris tak setuju minyak ikan dapat mendongkrak fungsi kognitif.

Setahu mereka, minyak ikan mungkin saja bagus untuk kesehatan jantung. Mereka berani berkata begitu karena telah melakukan penelitian selama dua tahun.

"Ini merupakan temuan penting sebab banyak orang yang mengonsumsi minyak ikan dengan harapan dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka," kata Alan D Dangour dari London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Tetapi ia tidak mengabaikan kemungkinan bahwa dengan mengonsumsi minyak ikan dalam waktu lama dapat memberikan dampak yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sejumlah studi sebelumnya menunjukkan bahwa mereka yang banyak makan ikan akan memiliki fungsi mental lebih baik, dan kecil kemungkinan terkena demensia. Tapi masalahnya, selama ini orang banyak mengonsumsi ikan dengan berbagai alasan yang berbeda-beda. 

Dangour dan kawan-kawan pun melakukan studi yang melibatkan 748 laki-laki dan wanita berusia 70 tahun. Tak satupun di antara mereka mengalami demensia atau gangguan mental lain. Penelitian bertujuan mendapatkan jawaban terkait hubungan minyak ikan dengan manfaat bagi otak.

Tim ilmuwan itu secara acak meminta para partisipan mengonsumsi 200 miligram eicosapentaenoic acid (EPA) plus 300 mg docosahexaenoic acid (DHA) setiap hari selama dua tahun atau mengonsumsi kapsul plasebo yang mengandung minyak zaitun. EPA dan DHA adalah dua asam lemak omega-3 utama yang terkandung dalam minyak ikan.

Setelah menjalani studi selama dua tahun, tak satupun dari peserta studi yang mengalami perubahan fungsi kognitif. Persentase mereka yang meninggal adalah sama untuk kedua kelompok itu.

"Kami dapat menjelaskan bahwa setelah dua tahun penelitian, tidak ada bukti mengenai dampak menguntungkan dari mengonsumsi minyak ikan terhadap fungsi kognitif," papar Dangour. Ia menambahkan bahwa itu bukan berarti bahwa dengan mengonsumsi kapsul minyak ikan lebih dari dua tahun baru akan mendapatkan manfaat terhadap kecerdasan otak [MTV]

Share this Article on :
 

© Copyright AQUACULTURE INFORMATION 2010 -2011 | Design by Awan Muis Bentoo | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.