News Update :

Peluang Usaha Budidaya Ternak Ikan Gurame

Selasa, 07 Februari 2012

Di saat mencari kerja semakin sulit karena keterbatasan lapangan pekerjaan yang tersedia; juga semakin sulitnya mencukupi kebutuhan hidup akibat perekonomian bangsa yang semakin terpuruk, hendaknya kita semakin kreatif menciptakan lapangan usaha atau pekerjaan sendiri, melalui wiraswasta terbaru dan terkini. Salah satunya adalah dengan menekuni usaha budidaya ternak ikan gurame sebagai peluang usaha terbaru, karena peluang budidaya ternak ikan gurame memiliki prospek yang cukup bagus jika dikembangkan dan dikelola secara maksimal dan sungguh-sungguh.

Salah satu alasan pemilihan budidaya ternak ikan gurame karena ikan gjensi ini memiliki rasa daging yang sungguh enak dan gurih, sehingga sudah dapat dipastikan akan banyak konsumen yang menyukainya.

Modal utama yang harus Anda miliki untuk memulai usaha ternak ikan gurame adalah persiapan lahan tanah untuk kolam tanah cukup dengan jenis tanah liat (bahasa Jawa: lempung). Tanah tersebut harus cukup mengandung humus dan pasokan air yang cukup sehingga dapat dipastikan kolam tidak akan mengalami kekeringan. Dengan demikian syarat utama persiapan lahan kolam budidaya gurame telah siap.

Selanjutnya adalah pemilihan jenis gurame atau gurami sesuai selera Anda dan calon konsumen. Ada beberapa jenis ikan gurame diantaranya adalah gurame angsa, jepun, blausafir, paris, bastar dan porselen. Beberapa jenis kan gurame ini banyak diternakan di Jawa Barat khususnya di kabupaten Bogor.

Dibanding gurame jenis lain, gurami porselen nampaknya lebih unggul dalam menghasilkan telur. Jika induk bastar dalam tiap sarangnya hanya mampu menghasilkan 2000-3000 butir telur, porselen mampu 10.000 butir. Mungkin ini dapat menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih bibit jenis gurame yang akan Anda budidayakan nanti.

Setelah semuanya siap, maka saatnya melakukan pembenihan. Benih ikan gurame dapat dipindahkan setelah mencapai umur sekitar 1 bulan. Bibit yang ideal bobotnya dapat mencapai 0,3 gram/ekor pada saat dipanen. Setelah itu, bibit siap dipindahkan ke kolam pembesaran.

Jika Anda merawatnya dengan baik, pemanenan hasil pembesaran ikan gurame umumnya dilakukan setelah ikan berumur 2-4 tahun, dengan panjang sekitar 25 cm dan berat 0,3 kg/ekor untuk ikan berumur 2 tahun. Sedangkan untuk ikan gurame yang berumur 3 tahun, panjangnya mencapai 35 cm dan beratnya sekitar 0,7 kg/ekor. Terakhir untuk gurame usia 4 tahun, panjangnya dapat mencapai 40 cm dengan berat 1.5 kg/ekor.

Demikian kira-kira gambaran singkat peluang ternak atau usaha budidaya ikan GURAME hingga usia panen 2-4 tahun. Untuk proyeksi dan perkiraan biaya modal dan keuntungannya dapat And abaca dari sumber lain di internet. Semoga usaha Anda sukses selalu. Aamiin.
Share this Article on :
 

© Copyright AQUACULTURE INFORMATION 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.