News Update :

Lomba Bakar Ikan 7,2 Km Pecahkan Rekor MURI

Minggu, 26 Agustus 2012


Tapanuli - Lomba bakar ikan terpanjang di Tapanuli Tengah, Sumatra Utara pecahkan rekor MURI. Lomba bakar ikan dilaksanakan di pantai Sorkam, Tapteng disaksikan tim MURI pada 23 Agustus 2012 lalu.

"Lomba bakar ikan sepanjang 7,2 km menghabiskan ikan 9,5 ton memecahkan rekor sebelumnya sepanjang 6,0 km yg dipegang Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara," ujar Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Saut Hutagalung, Ahad (26/8).

Saut menuturkan lomba ini merupakan upaya gerakan memasyarakatkan makan ikan. Pemilihan lomba bakar ikan ini menurut Saut sangat tepat karena sumberdaya terbesar Tapteng adalah sumberdaya kelautan dan perikanan berupa perikanan, jasa transportasi, pariwisata. Ikan yang sudah dibakar dibagi-bagi masyarakat untuk dikonsumsi.  

Lomba diselenggarakan dalam rangka peringatan ulang tahun ke-67 Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah yang jatuh pada 24 Agustus 2012. Khusus bidang perikanan, di Tapanuli Tengah terdapat usaha penangkapan ikan laut yang ditopang Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, industri pengolahan ikan termasuk bahan tepung ikan. 

Ikan hasil tangkapan seperti tuna/cakalang selain di ekspor beku, ada juga yang berupa loin rebus (pre-cooked loin) diekspor ke Timur Tengah, Thailand.[Republika]
Share this Article on :
 

© Copyright AQUACULTURE INFORMATION 2010 -2011 | Design by Awan Muis Bentoo | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.