News Update :

Ratusan Spesies Ikan Hias Jambi Dinyatakan Punah

Sabtu, 11 Agustus 2012


Jambi - Sekitar 150 lebih jenis ikan hias asli Jambi dinyatakan punah dan tersisa antara 30-40 jenis saja. Bayangkan, betapa besar kerugian hayati yang terjadi di Tanah Air.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi, Harlik mengatakan, hal itu diketahui setelah pihaknya mendata seluruh jenis ikan hias Jambi yang berjumlah sekitar 197 jenis.

"197 jenis ikan hias itu didasarkan pada buku arsip Belanda yang sebelumnya telah melakukan penelitian akan keberadaan ikan hias Jambi," ujarnya di Jambi, Senin.

Menurut dia, keberadaan ikan hias asli Jambi menyebar disepanjang Sungai Batanghari yang membelah daerah itu.

Ikan hias Jambi juga banyak ditemukan di beberapa danau di daerah itu, seperti danau di Kabupaten Kerinci, anak sungai Batanghari di beberapa kabupaten dan Kota Jambi.

Hilangnya ratusan spesies ikan hias itu diduga karena maraknya degradasi dan sedimentasi sungai hingga pencemaran air oleh aktifitas pertambangan emas ilegal.

"Jika tidak segera diantisipasi spesies yang ada bisa hilang hingga 15 tahun kedepan," katanya.

Dia mencontohkan, salah satu ikan hias unggulan Jambi adalah ikan ridik angus, ikan berbentuk sedang itu diketahui hidup menyebar disepanjang sungai Batanghari. Hanya saja, keberadaannya saat ini sangat sulit ditemukan. Langkanya jenis ikan itu menyebabkan harga jualnya makin tinggi di pasaran.

Harlik mengakui, berbagai spesies ikan hias Jambi saat ini lebih banyak dibudidayakan oleh para pecinta ikan. 

Untuk mengantisipasi punahnya jenis ikan hias Jambi, DP3K Kota Jambi mulai 2012 Lalu telah melakukan upaya penangkaran secara bertahap. DP3K pada 2011 juga telah membentuk asosiasi pecinta ikan hias Jambi.

Harlik juga mengimbau, agar para penjual maupun pecinta ikan menjual ikan hias dari hasil budidaya bukan dari hasil tangkapan.

"Mengingat, jika hasil tangkapan yang dijual bisa mengancam keberadaan ikan hias dialam liar," tambahnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data di DP3K Kota Jambi, omset ikan hias Jambi mencapai miliaran rupiah pertahun. Pada 2011 diperkirakan transaksi jual beli ikan hias Jambi mencapai Rp5 miliar lebih.

Ikan hias Jambi itu diantaranya adalah ikan Arwana, botia, tilan, elang Sumatera, mantili, langli, susur batang dan beberapa lainnya.

(KR-BS)
Share this Article on :
 

© Copyright AQUACULTURE INFORMATION 2010 -2011 | Design by Awan Muis Bentoo | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.