News Update :

Asli Indonesia, Ikan Buntal Air Tawar

Minggu, 19 Februari 2012

Red-tailed Red Eye Puffer (Carinotetraodon irrubesco) 
Merupakan salah satu jenis ikan buntal yang hidup di air tawar. Buntal ini adalah ikan asli Indonesia. Daerah persebarannya tidak luas, hanya dapat ditemukan di sungai Sambas, Kalimantan Barat dan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Habitat yang sering didiami oleh buntal ini adalah tepian sungai yang terdapat banyak vegetasi terendam. Ukuran buntal ini bisa dibilang mungil, maksimalnya hanya dapat mencapai 4,5 cm saja. Buntal mungil ini memiliki bentuk bulat lonjong dengan mata yang berwarna merah serta ekor yang berwarna kemerahan. Tubuhnya berwarna belang hijau muda dan coklat kehijauan dengan sedikit nuansa warna kemerahan. Terkadang corak tubuhnya tersebut tidak beraturan sehingga warna belang hijau-coklatnya tidak tampak. Bagian perutnya memiliki warna putih, membuat warna pada tubuhnya tampak menjadi kontras.

Buntal ini paling baik bila dipelihara dalam akuarium yang terdapat banyak tanaman air atau aquascape. Sebagai tempat perlindungan, tambahkan akar atau cabang bogwood selain untuk tambahan dekorasi. Penggunaan tanaman air yang mengapung untuk menghalangi cahaya yang masuk secara berlebihan juga sangat disarankan. Buntal mungil ini paling baik dipelihara dalam kondisi pencahayaan yang remang-remang atau redup. Usahakan kondisi sirkulasi air dalam akuarium dijaga tetap pada kondisi minimum.

Pergantian air secara rutin merupakan sebuah keharusan, karena buntal ini sensitif terhadap perubahan kualitas air. Karena ukurannya yang kecil, buntal ini dapat dipelihara dalam akuarium yang berukuran kecil, misalkan 45 x 30 x 30 cm atau berkapasitas 40 liter. Kondisi air yang dibutuhkan untuk pemeliharaan ; pH 6-7 temperatur air 24-28°C. Buntal ini dapat menerima segala jenis pakan hidup seperti kerang, siput, bloodworm atau juga dapat diberi pakan beku. Siput merupakan menu wajib yang harus diberikan secara teratur untuk mengikis pertumbuhan giginya yang tajam. Seperti halnya jenis buntal yang lain, giginya ini menjadi masalah karena bila giginya ini tidak dikikis akan terus tumbuh ke bawah hingga gigi tersebut kepanjangan. Bila anda memiliki aquascape, ikan ini dapat digunakan memangsa siput-siput yang merusak tanaman air.

Sayangnya, penulis belum memiliki informasi lebih lanjut mengenai penjual buntal mata merah ini. Atau, sebagai pengganti dapat menggunakan Dwarf puffer (Carinotetraodon travancoricus) yang sesekali dijual di pasar ikan hias. Namun, bila dibandingkan dengan buntal ini, karakter Dwarf puffer lebih agresif. Buntal mata merah ini cocok untuk dipelihara dalam akuarium komunitas, namun berhati-hatilah memilih tankmates untuk buntal ini. Karakter dasar buntal ini adalah teritorial dan cenderung suka menggigiti sirip ikan yang bergerak lambat dan bersirip panjang. Tankmates yang cocok untuk buntal ini adalah ikan yang dapat bergerak cepat, sama-sama berukuran kecil, dan tidak bersirip panjang, misalnya rasbora, danio, rainbowfish, atau corydoras. Asalkan dipelihara bersama tankamates yang tepat, buntal ini dapat hidup berdampingan dengan damai bersama jenis ikan lainnya. Buntal ini dikenal sangat teritorial terhadap jenisnya sendiri, bila ingin memeliharanya berpasangan hal itu dapat diatasi dengan cara memberi tempat persembunyian yang cukup.
Share this Article on :
 

© Copyright AQUACULTURE INFORMATION 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.